01 September 2008

Marhaban yaa ramadhan...

Selamat datang wahai bulan ramadhan, bulan penuh ampunan dan pahala.

Mumpung momennya pas, masih di awal2 bulan juga, dan juga mumpung aku lagi pengen dan sempat ngurus blog ini, maka blog ini pengen tak launching ulang lagi alias di-relanching kalo pake basa2 kerennya (kerenjeng sempeh....).

Yak, sebab musabab kejadian relaunching ini tak lain dan tak bukan karena keinginanku yang menggebu-nggebu untuk menghasilkan suatu tulisan yang bener2 bisa dibaca setelah sebelumnya dihadang dengan berbagai macam problem yang sebenernya nggak begitu besar juga sih, yaitu MALES nulis dan nggak adanya ide yang mau keluar dari batok kepalaku.

“Kenapa nulis diary blog aja harus pake ide sih? Kan gampang tuh, tinggal certain apa adanya kegiatanmu sehari-hari, abis ntu tulis deh di blog…”

Yah… mungkin sebagian pasti ada yang kepikiran kayak gitu ya? Maklum saja, pertama kali aku merencanakan bikin blog ini kuakui banyak banget idealisme yang menclok di batok kepala peyang ini. Niatnya sih pingin nyaingin blog-nya Raditya Dika gitu…. Kalo nggak bikin suatu diary blog yang agak beda, kaya’ alur cerita novel2 gitu, ceritanya serba didramatisir biar yang baca bisa klepek-klepek baca blog-ku ini. Tapi, setelah banyak ngaca diri, entah di dalam hati, kaca rumah orang, air bak, atau air comberan, kayaknya masih terlalu jauh deh impianku biar bias nyaingin si Kambing Jantan itu, masih terlalu cepat 10 tahun untuk itu. Hidupku juga biasa-biasa aja buat dibikin novel, kelewat biasa malah. Bangun tidur, makan, mandi, ngampus, mBurjo, balik kost lagi, gitu lah kira-kira gambaran hidupku, boring juga kan kalo dibikin kaya’ novel? Apalagi didramatisir ceritanya, ah… bias-bisa jadi bikin novel melankolis tuh, trus yang baca bukannya nangis-nangis kaya’ novel mellow terkenal, malah bias muntah-muntah.

Setelah dipikir-pikir kira-kira 6 bulan lebih, kaya’nya lebih baik aku mulai nyoba nulis dulu deh… seperti nasehatnya Aa’ Gym, pekerjaan besar itu harus dimulai dari 3M : mulai dari diri sendiri, mulai dari hal kecil, dan mulai saat ini, sebab kalo nggak begitu, aku nantinya cuma mengimpikan impian yang belum jelas kapan bisa direalisasikan dan nggak pernah akan bergerak. “Sebab hidup adalah perbuatan,” gitu katanya Sutrisno Bachir.

Cukuplah, kata pengantarnya ntar nggak dimulai-mulai lagi cerita novelnya, he….

Hari ini aku awali dengan bangun pagi-pagi buta sambil kedinginan setengah mati. Asal muasal kedinginan itu tak lain dan tak bukan karena aku bobok di aula cuma pake tiker selembar.

“Lho, kok tidur di aula? Emangnya kos lo di mana bos? Kasian banget de lo, nggelandang kali ye lo?”

Oh… bukan-bukan, bukan karena salah bunda mengandung saya dilahirkan, eh… salah ngomong. Yang bener bukan salah nggelandang aku tidur di aula cuma pake tiker, tapi emang nggak ada tempat tidur lain. Ceritanya tuh dari Jumat kemarin anak-anak Himakom (Himpunan Mahasiswa Komedi Komputer) UGM ngadain makrab alias malam keakraban buat para adek-adek angkatannya, lha… aku sebagai anggota himakom, khususnya divisi INEX yang kebagian jadi pengelola acara harus ikut wajib militer tugas (cerita tentang makrab dari awal nggak akan ditampangin di sini, selain udah kelewat hari, aku juga lagi males ingat-ingat). Panitia yang memang nggak punya tempat tetap selain buat tempat naruh bawaan dipaksa buwat cari tampat tidu sa’-sa’e dewe-semaunya sendiri, asal jangan diluar area makrab dan di deket tenda peserta, khususnya peserta cewe’. Selesai bangun+cuci – cuci muka+sholat, terus langsung deh ke dapur, cari-cari makanan sisa tadi malam. Akhirnya cuma dapat macaroni, satu-satunya snack yang nggak basi dan segelas teh anget, lumayanlah bisa buat anget-anget badan sebentar.

Habis makan pagi lauk (lagi-lagi) ayam, ikut ngeramein dan nggenepin lomba buat peserta yang kurang satu kelompok buat lawan tanding. Baru selesai dua games, tiba-tiba ada salah satu panitia yang jatuh pingsan, kaya’nya sih serangan asma sebab susah banget buat napas. Aku yang memang ditugasin jadi P3K langsung deh gerak cepat buat nolong. Untungnya, udah ada si Harum - mba’-mba’ koordinator kita dari Banyuwangi asli - di TKP. Untungnya lagi bisa diselametin korbannya. Makrab kali ini memang banyak banget anak-anak pesertanya yang cileren (sakit-sakitan), jadi anak P3K memang harus lebih tanggap dan siap buat keadaan yang paling buruk. Untungnya, kita-kita sudah di-training sama mba’ Tetha yang imut dan mungil dari FKU UGM. Thanks a lot mba’ Tetha, we’ll miss you…

Pulang dari Wonogondang – tempat kita makrab – sekitar jam satu-an dan aku jadi penanggung jawab bis alias baby sitternya anak-anak peserta selama di bis. Satu bis mikrolet ukuran sedang, diisi penuh sama tiga kelompok peserta makrab. Kelompok makrab dibagi rata jadi 12 kelompok, jadi ada empat bis yang tugasnya nganter anak-anak pulang. Kecuali PJ bis, panitia yang lain pulang dengan usaha sendiri (hehehe… lumayan jadi PJ bis, bisa ngirit bensin!). Lihat anak-anak peserta yang kecapekan dan langsung molor di bis, sebagian kuperhatiin ada yang molor sambil mlongo, jadi geli sendiri inget pas dulu jadi peserta makrab.

Bis sampe di kampus Milan tercinta sekitar pukul 14.00 dan aku sempat nggodain beberapa peserta (cewe’ tentunya) yang kukenal. Nunggu di depan lobi tanpa kepastian adanya evaluasi acara apa nggak sampe jam tiga-an. Faris – sang ketua makrab yang belekan gara-gara ga tidur dua malam – ternyata terlalu capek buat evaluasi acara. Sebel juga sih, udah nunggu lama-lama ternyata nggak ada hasil. Tapi nggak apa-apa lah, daripada ntar pulang kesorean.

Hah… nggak kerasa ternyata malam ini sudah mulai terawih, kesibukan selama tiga hari di Wonogondang membuat aku nggak bisa siap-siap buat bulan puasa Ramadhan kali ini. Tapi, kuharap tanpa persiapan yang maksimal, aku bisa ngejar target yang spontan muncul tiba-tiba pas aku lagi sholat Isya’. Semoga bulan puasa kali ini aku nargetin minimal bisa jaga mata, jaga hati, mulai sholat sunnah sedikit-sedikit, dan… khatamin Al-Quran the Holly, yang nggak sempat-sempat dikhatamin sampe sekarang. Sementara itu dulu, mungkin nanti di tengah jalan nemu target lainnya, semoga bisa kesampean njalaninnya. Sebab hidup adalah perbuatan, kalau tak berbuat untuk berubah dari sekarang akan kita bawa kemana hidup yang singkat ini?

Waduh… ternyata, udah jam 12 malam punjul! Keasikan nulis, sampe lupa tidur. Padahal jam tiga harus bangun lagi buat saur. Dah ah, mo upload postingan dulu nih di warnet, abis itu molor sampe puas!!!! (cuma tiga jam bisa puas nggak ya?)

Wassalam……….

Tidak ada komentar: