13 September 2008

Ramadhan the 12th Day – Giatnya Danus dan Kutukan Makhluk ‘ewer-ewer’

Assalamualaikum….

Bulan puasa Ramadhan hari ke-12 sekarang, nggak terasa yak udah hampir tengah bulan Ramadhan. Ibarat manusia yang sedang mempersiapkan diri buat sebuah perjalanan panjang, membekali dirinya dengan apa saja yang mampu dia bawa untuk perjalanan tersebut agar bisa sampai di tujuan dengan selamat, seharusnya di tengah-tengah masa persiapan bekalnya dia sudah bisa melengkapi apa-apa saja yang akan dia bawa agar tak tergesa-gesa menjelang keberangkatannya. Loh, hubungannya apa ya? Kok yang nulis jadi bingung ndiri nih? Intinya gini deh, masuk tengah bulan ramadhan aku belum dapet apa-apa! Sama kaya’ acara makrabku……..

Tadi pagi si seksi fund-raising alias Danus baru aja melancarkan serangannya untuk dapetin sponsor. Target mereka adalah PT. Kalbe Farma. Aku yang emang lagi ditempelin sama Harum terpaksa suruh ngikut lagi… (ga’ ada orang lain ya Rum? Mentang-mentang aku ketua Basecamp, trus kamu jadi semena-mena maksa aku buat nemenin terus… hikz). Wuih… gedungnya tuh sensasional banget! Ga’ ada tanda-tanda yang nunjukkin bahwa itu gedung Kalbe Farma. Plang nama pun ga’ ada. Jadi kita – yang untungnya udah tau tempatnya dari si Yudhis anak Elins – agak-agak kebingungan sampe sana. Begitu sensasionalnya, sampe-sampe kita harus nanya satpam-nya buat mbuktiin itu emang bener-bener gedungnya Kalbe Farma. Dugaanku sih tu gedung bukan punya PT. Kalbe Farma, tapi kaya’nya cuma gedung distributornya. Akhirnya kita disuruh nunggu sampe hari Senin buat kepastiannya setelah Harum nego-nego sama karyawannya. Soalnya si Bos lagi keluar, jadi kita nggak bisa dapet kepastian langsung. Moga aja bukan kepastian untuk ditolak! Anggaran kita kurang 1.900.000 man! Ayo siapa yang mau nyumbang lah…

Niat ngamen buat nambah-nambah kekurangan anggaran untuk kesekian kalinya pupus sudah. Padahal udah sepakat kita mau kumpul di tempat ‘Dedek’ Nungky habis buka dan maghriban. Tapi apa daya, urusan dadakan tiap orang bisa datang ga’ diduga-duga. Penyedia tempat, terpaksa harus nolak permintaan buat latihan sebab tempat kumpul yang dijanjiin mau dipake buat acara si Budhe. Kita juga ga’ bisa maksa, orang Nungky juga numpang di rumah Budhe-nya. Lah, si Prise yang biasanya jadi aura maker terpaksa harus bantu-bantu si Aan pindahin barang-barang ke kos barunya. Tanpa dia suasana ga’ asik donk? Ga’ ada yang bisa dibikin target ejekan. Hehehehe… Si Dian apa lagi. Maminya mendadak dateng ke Jogja buat ‘Nyewu Dino’ (memperingati seribu hari meninggal) embah putrinya. Praktis tanpa mereka-mereka ngamen kita ga’ bisa jalan donk? Orang skill-skill musik ada di mereka semua. Yah… terpaksa waktu abis teraweh kuhabisin buat main ke tempatnya si Depi sekaligus nemuin Harum dan ngasih tau kabar buruk ini. “Kisah sedih di hari Jumat….”

Buka puasa tadi diajak si Tono sama Angga ditraktir makan di Boulevard UGM. Aku heran sama diriku sendiri, udah jalan 12 hari bulan puasa tapi Buolevard di waktu sore, waktunya ngabuburit ga’ pernah aku sambangin. Padahal jaraknya terlalu dekat buat dibilang jauh. Yah, apa mau dikata orang tiap pagi ngampus, sore menjelang buka baru pulang kok! Abis teraweh terus nggubrak di kasur kalo nggak nyambangin Active.net buat bikin posting baru. Gimana mau maen jeng? Untung aja tadi abis Ashar maen bentar ke tempat Angga. Eh, kok ada rejeki dateng, ya udah langsung sambar…. Baru tau lho aku, ternyata ngabuburit di Boulevard ramenya minta mati ‘n setengah ampun! Kaya’nya kalo dibandingin sama pasar Beringharjo pas lagi hari Minggu pasti menangnya. Orang makhluk ‘wer-ewer-ewer’ juga pada berkeliaran di situ pengin ikut ngerasain hysteria-nya ngabuburit sambil mengais rejeki. Coba kalo di Beringharjo? Mana ada makhluk kaya’ gitu berkeliaran dengan bebasnya? Banyak lagi! Bikin merinding aja. Terutama kalo udah dicolek-colek suruh ngasih recehan. Wah, serasa keperjakaanku udah direnggut sepenuhnya sama mereka. Oh, no…..

Hasil makan (apa minum ya?) sup buah traktiran si Angga mbikin aku haus mampus! Sampe di tempat P-Man buat makan, pesen es jeruk. Eh, malah mbikin tambah haus. Kaya’nya perlu diadakan riset nih : “Seberapa parahkah es memberikan kontribusi pada rasa haus dibandingkan air garam?” Rasa kepengin minum banyak air gini padahal ga’ pernah muncul di hari-hari puasa sebelumnya. Apa jangan-jangan kena kutukan makhluk ‘ewer-ewer’? Mampus aku… mimpi basah buruk lagi!

Aku baru ngrasain enaknya ikut organisasi-organisasi gitu sekarang. Padahal yang namanya organisasi dari SMA buat aku nelangsa terus-terusan. Cuman dapet capek, soft skill ga’ nambah-nambah. Untung aja aku ga’ trauma buat ikut organisasi pas kuliah sekarang. Terbukti, aku sekarang malah jadi ngerasa enjoy di Himakom sejak ngikut jadi panitia makrab prodi ilkom. Padahal sebelumnya aku ngerasa agak-agak tertekan gitu. Yah… gimana ga’ tertekan, anak dari Purwokerto tiba-tiba dapet temen kaya’ Eja dari Bekasi yang omongannya ‘gua-gua, lo-lo’! Istilah kerennya culture shock gitu. Untungnya Eja enjoy-enjoy aja sama temen-temen barunya di Jogja. Asumsi anak-anak gaul dari barat (Jakarta dan sekitarnya) yang sombong-sombong dan belagak sok di kepalaku udah mulai ilang. Eja jadi contoh nyatanya. Enjoy di Himakom bikin aku ngerasa optimis melangkah lebih jauh lagi di dunia organisasi. Basecamp rekmed jadi permulaannya, BEM FMIPA jadi langkah selanjutnya. Ternyata rahasia biar bisa ngerasa enjoy di organisasi cuma satu : “jangan mau jadi kambing congek! Beraniin speak up!”

Sampe sini dulu curhatnya. Udah malem juga, siap-siap bangun jam 3 buat saur. Besok juga mau ada rencana ke Magelang. Siapa lagi kalo bukan menyangkut kerjaannya si Danus : cari donatur. Abis itu mau main-main ke Borobudur. Kesempatan, dari kecil belum pernah nih ke sana. Pengin tau, dahsyatnya kaya apa candi yang katanya dulu sempet masuk jajaran Wonder of The World ini. Trus sorenya juga mau berusaha ngamen lagi. Walopun udah putus asa ngumpulin anaknya, tapi harus dicoba lagi demi kurangan dana yang belum ngumpul-ngumpul. Yah, wish us luck deh!

Cao…

Sayonara…

Wassalam…..

Tidak ada komentar: