19 September 2008

Ramadhan 19th day - Memorizing Last Night

Assalamaualaikum…

Met pagi semua… pagi yang cerah, embun yang indah, suara burung beo tetangga yang syahdu, dan suara kesibukan di pagi hari anak kost yang enerjik. Semuanya membuatku ingin tidur lagi (Lho? Piye mas?)

Duh… sudah lama sekali ni blogku mangkrak. Kasian si blognya. Sini blogku sayang, tak isinen lagi….

Aku mau cerita kejadian tadi malem…. Tatarataraaatttt…..

Ramadhan 18th day – Ngamen is Underway, Rekmeders New Street Musician

Wuih, semalem kita akhirnya setelah nunggu berabad-abad tanpa kepastian mendapat pesangon dari perusahaan buat kumpul dari anak-anak, nekat buat nyoba jadi street musician. Pas momennya lagi tepat, pas lagi males-malesnya traweh, eh… kok anak-anak pada mau dikumpulin buat ngamen. Inilah yang namanya keajaiban sodara-sodara… bagaikan pucuk dicinta ulam pun tiba (loh…?). Hasil jerih payah Harum koar-koar dan ngabis-abisin pulsa buat ngumpulin tuh anak-anak bengal buat ngamen terbayar sudah. Yah… walopun pertama-pertama mereka kayaknya agak sedikit terpaksa sambil pasang muka yang direkuk-tekuk gitu kaya’ baju belum disetrika (terutama si Prise yang kaya’nya lagi bete banget), tapi toh akhirnya kita berangkat juga berbekal gitar colongan dari Dian Mas Teplok yang terpaksa mengkhianati kita ga ikut ngamen gara2 ngambil traweh di mesjid, galon buat tabuhannya, dan ecek-ecekan (maracas-maracasan) dari botol air mineral yang dimasukkin beras biar tambah seru ngamennya. Tujuan kita semalem ngikut yang udah pernah ngamen, wich is Himakom di Senturan. Katanya sih disana jarang ada premannya, trus juga banyak juga kuliner hotspot di sana alias tukang jualan makanan, baik yang kaki lima taopun yang resto.

Ngamen kita mulai dengan penuh keraguan, penuh harapan, dan penuh kebimbangan (bedanya keraguan sama kebimbangan apa ya? Au ah gelap, yang penting bahasanya keren kaya’ di novel). Ragu bakal dapet banyak duitnya, harap-harap cemas nunggguin duit ribuan yang keluar, bimbang bagaimana muka kita nanti setelah ngamen. Kita sampingin aja dulu pikiran-pikiran itu yang penting kita coba ngamen kaya apa rasanya, gitu mindset kita pertama. Yo wes to, akhirnya kita nyoba nyanyi lagunya ST-12 “Rasa yang Tertinggal” dan ternyata apa sodara-sodara? Kencring… kita cuma dapet empat ratus perak sodara-sodara! Aduh… kalo kaya’ gini caranya ngamen semaleman suntuk juga ga bakal dapet lebih dari 20 ribu. Belum lagi ntar ada yang ga mbayar walopun ga’ kena gigi (maksud lo??? Kena gigi ga usah bayar?). Padahal kita pengin banget paling nggak dapet 50 ribu kaya’ anak-anak himakom sebelumnya. Daripada pusing mikirin duit yang mau kumpul berapa, akhirnya kita ngamen dengan dada hati terbuka. Berapapun dapetnya yang penting kita seneng-seneng ‘n cari pengalaman dulu lah! Ya udah akhirnya kita selama hampir satu setengah jam penuh muter-muterin Senturan. Prise pegang gitar, Ervan pegang kresek buat nampung duit, yang lain gantian pegang instrumen pendukung sama tepok-tepok ‘n nyanyi-nyanyi ga jelas. Pokoknya tuh anak dua kerjaannya ga pernah gonta-ganti. Satu pegang gitar, satunya lagi pegang kresek. Salut dua jempol buat Ervan yang walopun gayanya udah kaya anak kota lengkap pake sepatu kets putih, tapi dengan pedenya narikin duit ke customer kita (ceile, customer!). Ga pernah aku liat ada orang sepede itu, nggak punya masalah kalo mukanya tersebar dengan image si penarik duit. Emang bener sih kata salah satu temenku yang udah pernah ngerasain susah dan tengsinnya ketika ngamen, serasa muka ditempelin ke pantat tuh kalo ngamen kaya’ gini. Tapi no prob lah, demi makrab yang tak kunjung mendapat dana segar. Demi adek-adek angkatan kita. Merdeka!!!!!!

Akhirnya kita selesai ngamen setelah anggota grup merengek-rengek minta pulang karena kecapean. Sebenernya masih ada banyak penjual sih, tambah malem juga malah tambah pengunjung. Tapi emang udah malem juga jam tengah sepuluh lebih, ga’ baik cewek berkeliaran malem-malem gini. Pas lagi bulan suci lagi. Sebelum kita go back home to kost, disempet-sempetin foto-foto dulu. Kebiasaan orang narsis emang ga’ bisa hidup tanpa foto-foto kali ya? Sekaligus buat bukti kita ngamen ke temen-temen. Sapa tau aja ada yang pengen ikut, kan anggota kita juga bertambah. Setelah dihitung-hitung ternyata kita dapet ribuan 32 lembar dan recehan sejumlah 13 ribu. Alhamdulilah… ga jauh-jauh amat lah dari target impian 50 ribu. Selamat buat Harum, you’ve done another fund raising task. Congratz…. Jangan lupa donatur-donatur ‘n sponsor diporotin ditarikin lagi ya!!!!!

Yah, gitu lah cerita semalem. Seru bin konyol juga ngerasain pengalaman pertama ngamen. Moga aja (rencana) ngamen lagi ntar malem bisa dapet lebih. Bukan, bukan… bukan lebih banyak duit, tapi lebih banyak anggota yang ikut. Kalo gitu kan bisa bikin dua tim dan otomatis kita ga usah capek-capek buat dapet duit lebih! (yee… ujung-ujungnya duit lagi!)

Yo wes, mumpung masih pagi dan mumpung mentari sedang anget-angetnya, waktunya untuk………… tidur sejenak! Ngantuk bos! Tadi malem jam sebelas baru tidur!

Cao…

Wassalam…

ZzZZzZZzZZzZZzZZz………

Tidak ada komentar: