10 September 2008

Ramadhan 10th day – BEM? Why not?

Assalamualaikum…

Akhirnya bisa nulis lagi deh setelah dua malam yang lalu libur total. Posting kali ini singkat aja lah, lha wong dari tadi pagi sampai ini malam belum ada kejadian aneh-aneh bin ajaib. So… let’s start this with…

Mulai pagi tadi, setelah bangun agak kesiangan dan beres-beres trus mandi kinjeng alias mandi seklebatan (kaya’ setan aja maz? Seklebat-seklebatan gitu?) aku bersiap berangkat sekolah, eh… ke kampus. Padahal sehari sebelumnya aku dah janji sama Harum, si Kadiv EO Basecamp yang saat ini lagi dibebanin tugas jadi penanggung jawab acara BuBer Rekmed buat ketemuan jam 8.00 teng mbahas ruangan sekaligus mau minta tanda tangan P. Nur – Kepala Prodi Ilkom UGM – buat proposal sekaligus pinjam ruangan. Ternyata aku bangun aja jam di HP udah nunjukkin angka 8 sama 20! Untung aja si Harum juga ga bisa dateng, perutnya mules-mules katanya. Nggak tau lagi dapet apa salah makan sambel. Demi kuliah PSRM yang diajar Bu Fitri, akhirnya kubela-belain deh berangkat ke kampus pagi. Walopun perutku juga akhirnya melilit-melilit gitu ketularan Harum. Nggak tau nih penyakit apa yang satu ini. Kadang setiap ngerasa dingin pasti perut melilit-melilit gitu pengin mencret BAB cair. Yah… akhirnya kuliah PSRM tadi tak ikutin cuma setengah-setengah. Untung aja ga bocor pas kuliah. Bisa berabe… nama baikku sebagai cowo’ cool bisa ternoda nanti.

Rampungan kuliah diajakin Harum buat pergi ke RS. Grhasia di Pakem, Kaliurang sono. FYI – for your info – RS. Grhasia terkenal sebagai rumah sakit jiwa di Jogja. Yah… walopun sekarang juga udah buka klinik umum buat pasien biasa, tapi tetep aja orang-orang pada ogah ke sono. Sebab persepsi orang sekarang masih sempit. Mereka masih menganggap orang yang keluar dari rumah sakit jiwa sebagai orang yang punya kelainan/gangguan jiwa. Padahal mungkin pasien yang habis berobat ke sana cuma ke klinik umum buat meriksain kepalanya yang migrain. Dasar orang jaman sekarang, otak boleh canggih kaya’ Einstein, tapi pikiran masih katro’ bin ndeso! Lanjut ke masalah Harum. Cewe’ yang satu ini emang beberapa hari terakhir ini seneng banget nempel sama aku. Apa lagi tujuannya kalo bukan diskusiin acaranya. Plus… dia juga kebetulan seksi Danus di acara makrab buat MaBa rekmed, jadi sekalian deh aku di-request nemenin dia ke Pakem buat cari donatur makrab kita. FYI lagi, alumnus-alumnus rekmed UGM kebetulan banyak juga yang kerja di Grhasia, jadi pas PKL kemarin kita-kita juga sambil nawar-nawarin jadi donatur makrab rekmed dan kebetulan juga mereka mau. Tapi proposal buat BuBer yang dia serahin ke aku buat dimintain tanda tangannya P. Nur juga belum juga dikelarin, ruangan juga belum pinjem, padahal acara tinggal lima hari lagi dan aku khawatir ntar peminjaman ruangannya dipersulit. Biasalah… orang gedean biasanya birokrasinya berbelit-belit. Maka demi itu aku nunjuk prise buat nggantiin jadi temennya Harum. Kebetulan si Prise juga mau dan lagi nganggur-nganggur aja.

Di luar dugaan ternyata proses peminjaman ruangan T2.01 – ruangan terbagus di Milan (Mipa Selatan) – akhirnya berjalan lancar dan mulus. Bagaikan ngurus SIM jaman sekarang yang sehari bisa langsung jadi! Aku kira tadinya mau dibelit-belitin kaya’ suruh negosiasi ke dosen bersangkutan yang lagi make ruangan pas hari-H. Ternyata tinggal nyerahin surat ke P. Nur, diberi catatan kecil oleh beliau, lalu serahin ke Front Office kantor, dan semua beres. Ga’ pake acara debat-debatan tetek bengek tentang penggunaan ruangan oleh dosen lain untuk kuliah pada hari-H. Thanks to P. Nur. Ternyata, semua perintah atasan ga’ pandang banyak apa sedikit bisa menggerakakkan dan menjinakkan bawahannya.

Agak siangan dikit aku sama soulmate kos, si Dian menyang ke MU (MIPA Utara) buat ngurusin proposal tanggungan acaraku dari INEX : Syawalan. Sebenarnya sih tinggal butuh tanda tangan ketua BEM sama WaDek dan bisa kulakuin dari kemarin, tapi berhubung si Mas Aji sang Ketua BEM FMIPA UGM tak sms baru bisa bales sekarang, jadi yo wez manut aja. Sambil nungguin, ternyata aku ketemu Lintang lagi mau daftar anggota BEM. Ga’ tau lagi ada fenomena apa di kelasku, tiba-tiba banyak temen yang pada ikutan BEM sekarang. Kenapa ga’ dari dulu-dulu? Demi melihat asiknya si Lintang ngisi formulir pendaftaran, maka kepikiran buat ngisi waktu nunggu Mas Aji datang sambil ikutan ngisi formulir juga. Iseng-iseng berhadiah, siapa tau bisa keterima di BEM kan bisa ngisi track record organisasiku yang masih kosong, sekaligus buat bekal ilmu ngebangkitin Basecamp Rekmed dari keterpurukan dan kevakuman. Karena seleksi pendaftarannya juga sekaligus buat interview dan beberapa puluh menit lagi aku juga ada praktikum, belum lagi minta tanda tangan Wadek, maka aku minta keluangan buat interview selepas praktikum. Untung aja dibolehin karena emang pendaftaran hari terakhir itu selesai jam 4 sore. Bener aja, kelar praktikum Basis Data yang dosennya kucluk punya aku langsung meluncur ke BEM ditemenin soulmate-ku lagi. Kebetulan juga Titis dan Nungky (yang udah kaya’ kakak-adek, kemana-mana berdua) pengin ikutan daftar, jadi kita berangkat ke MU lagi bareng-bareng berempat sekitar jam 3 sorean. Dan sesampainya di BEM, interview-pun dimulai. Aku di-handle sama mas Ibe, ga’ tau angkatan berapa tapi diliat dari tampangnya kaya’nya angkatan tua, sedangkan Titis dan Nungky di-handle sama dua orang mba-mba berkerudung, ga tau juga namanya. Sepanjang pemandangan yang kulihat emang anak-anak cewe’ BEM kebanyakan berkerudung. Fenomena apakah ini? Apakah fenomena kebangkitan umat Islam? Aku harap sih iya. Dari tampangnya aku liat mas Ibe kaya’nya orang yang punya kharisma tinggi, nyaingin sang ketua BEM sendiri. Bener aja, setelah perkenalan dan masuk ke pokok interview, pertanyaan-pertanyaan yang dilontarin kerasa banget aura BEM-nya. Khas sekali kata-kata mahasiswa aktivis, beda sama pertanyaan-pertanyaan mahasiswa biasa. Ditanyain macem-macem mulai dari pendapatku tentang aksi demo, pentingnya BEM untuk meraih cita-cita yang diinginkan, de-el-el es-be-ge aku sebagai mahasiswa tomplo yang taunya cuma kuliah dan nggak vokal-vokal amat dalam setiap organisasi yang kuikuti cuma bisa mlongo, mikirin jawaban yang pas buat pertanyaan-pertanyaannya Mas Ibe. Yah… akhirnya kujawab sebisanya, maksudnya sebisa otakku mikir, sama sekali ga’ mandang Mas Ibe bisa mencerna jawabanku apa nggak. Luwehhh…. Terserah…. Lagian daftar BEM juga iseng-iseng berhadiah. Kalo keterima Alhamdulillah, kalo nggak ya wa Syukurillah….

Akhirnya setelah interview pulang ke kos dengan perut yang udah berganti mode dari mode melilit menjadi mode begah. Sampai kos langsung meng-nggubrak-kan diri di kasur yang sebenarnya ga’ empuk-empuk amat, tapi udah berjasa menemani tidurku lebih dari setahun ini di Jogja. Ga’ taunya langsung ngleder – tidur sampe pules – dan tau-tau udah adzan maghrib. Untungya sebelum nggubrak udah ashar dulu. Sialnya, aku ga’ kebagian tempat di masjid buat buka bersama. Padahal buka bersama di masjid sebelah kos adalah satu-satunya harapanku buat nge-diet-in dompet selama puasa. Tau kenapa? Karena buka bersamanya berupa nasi plus lauk-lauknya dan kadang kalo beruntung ada ta’jilan yang lumayan. Tentunya kesempatan kaya’ gitu sangat sayang kalo dilewatin begitu aja. Tau sendiri lah, anak kos kan makhluk Tuhan yang paling sexy ngirit sedunia. Dibela-belain makan sekali sehari kalo perlu hanya demi beli pulsa dan tambahan uang jajan. Akhirnya aku buka dengan nasi telornya burjo deket kos abis maghriban. Yah… duit keluar lagi deh!

Lagi syahdu banget ni ngetik postingan sambil dengarin musik-musik jazznya punya Booney James, George Benson, sama Dave Koz. Pengin banget rasanya main saxophone semahir kang Dave sama Kenny G, tapi apa daya ga’ ada yang ngajarin. Hikz….

Oya, untuk bagian evaluasi setelah tak pikir-pikir enaknya nulis evaluasi seminggu sekali deh, biar kolektif gitu ngevaluasinya, jadi banyak yang dibicarain. Ga’ sepenggal-penggal kaya’ yang kemarin-kemarin, kerasanya kan jadi tanggung banget gitu. Lagian kan belum tentu tiap hari aku ngelakuin perubahan. Kalo sempet nambah satu ibadah juga aku belum tentu bisa nulis malamnya. Oleh karena itu, bagian evaluasi saya putusken untuk diadakan hanya seminggu sekali. Semoga bisa memberi perubahan di ramadhan ini. Amin…

Wezz, segitu aja mungkin postingan kali ini. Niatnya ga’ banyak-banyak malah nulis postingan yang ngelantur lagi. Yah, terpaksa rencana ngelanjutin GTA malem ini pupus sudah. Lain kali harus dilanjutin nih GTA-nya, tanggung tinggal beberapa side mission lagi.

Xie-xie…

Gracias…

Matur nuwun

Cao…

Wassalam…

Tidak ada komentar: